Jiwa Cantik
lejitkan kecantikan batiniah

Kekuatanku dan Kelemahanku

Labels:

Dalam pengamatan subyektifku, empat macam karakterku yang paling menguatkan diriku adalah:

1. Gemar Belajar
Aku senang mempelajari hal-hal baru, di mana pun aku berada. Aku suka membaca, terutama bacaan yang inspiratif, sistematis, dan perspektival (memperhatikan berbagai sudut pandang). Bidang kajian yang aku geluti sekarang adalah Pengembangan Diri.

2. Kritis dan Berpikiran Terbuka
Memikirkan sesuatu secara saksama dan mengamatinya dari segala sisi merupakan aspek penting pada diriku. Aku biasanya tidak tergesa-gesa menarik kesimpulan. Untuk mengambil keputusan, aku suka bersandar pada bukti yang kuat. Kalau menemukan bukti baru yang bertentangan dengan pengetahuan atau keyakinanku terdahulu, aku mempertimbangkannya semasak-masaknya. Hasilnya, bisa saja aku mengubah pikiran dan tindakanku.
Fokus perhatianku bukanlah pada apa pandangan orang-orang, melainkan pada BAGAIMANA mereka memandang. Dalam bidang agama, apa pun hasil ijtihad seseorang, aku lebih menaruh perhatian pada METODE ijtihad yang dia gunakan. Karenanya, aku cenderung sangat toleran dan tidak fanatik pada madzhab atau aliran pemahaman tertentu.

3. Filosofis-Religius
Aku menganut suatu falsafah kehidupan religius (Islami) yang menjelaskan keberadaanku yang kecil di alam semesta yang besar. Aku pun merasa terpanggil untuk mencurahkan hidupku di jalan dakwah. Keyakinanku melandasi tindakanku dan merupakan sumber ketenangan jiwaku.

4. Pencinta (dan Penerima Cinta)
Aku sangat menghargai keakraban dengan orang-orang tertentu. Mereka yang aku cintai itu sangat aku pedulikan. Begitu pula sebaliknya. (Aku pun menyambut hangat mereka yang menaruh kepedulian besar pada diriku.)

Adapun kelemahanku, yang sekarang paling aku rasakan dan membuat aku merasa sedih, meliputi empat macam berikut ini.

1. Kurang Tanggap
Aku belum mampu menyesuaikan diri dalam berbagai situasi sosial. Aku tidak begitu pandai menangkap perasaan atau suasana hati orang lain, sehingga aku tidak dapat menanggapinya dengan baik.

2. Kurang Gaul
Aku sering terlalu sibuk untuk menyediakan waktu bagi orang lain, apalagi bagi orang yang belum kukenal. Aku cenderung kurang menyadari betapa berharganya orang-orang lain bagi diriku. Acapkali, aku baru menyadarinya ketika merasa kehilangan mereka.

3. Kurang Menyenangkan
Sewaktu sendirian atau pun di tengah-tengah orang, aku sering terlalu serius dan kurang santai. Memang, ketika aku tertawa dan tersenyum lepas, aku merasa senang. Namun, aku kurang mampu menciptakan situasi yang menyenangkan ini. Aku jarang melontarkan humor atau pun kata-kata "ringan" lain yang menyegarkan suasana (kecuali dengan orang tertentu yang sudah sangat dekat denganku).

4. Kurang Perencanaan
Aku berharap bahwa masa depan akan baik dan lebih baik. Aku pun merasakan bahwa hal ini akan terwujud apabila aku berupaya sebaik-baiknya. Namun, selama ini aku jarang menetapkan rencana yang matang untuk mencapai sesuatu yang aku inginkan.

Begitu jugakah kekuatanku dan kelemahanku di matamu?
Apa sajakah kekuatanmu dan kelemahanmu yang kau rasakan?

0 komentar:

Label Cloud

Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Terus Berkembang